5 Alasan Untuk Memilih Kuliah di Luar Kota

Keluar dari Zona Nyaman

Hei! menyelesaikan SMA merupakan salah satu pencapaian yang dapat dibanggakan, namun itu adalah sebuah awal sebelum dari perjalanan hidup. Seiring dengan berakhirnya masa SMA , kita harus menentukan pilihan beberapa pilihan yang penting dalam menetukan jalan hidup kita kedepan, salah satunya untuk kuliah di luar kota.


Diakhir masa SMA biasanya kita akan dibombardir berbagai macam hal seputar saran maupun pertanyaan dari semua orang tentang pilihan melanjutkan studi. Mulai dari kampus – kampus yang menawarkan programnya, Ayah dan Ibu yang memaksakan kehendaknya, passion yang ingin diikuti, atau saran dari teman.

Biasanya kita akan dihadapkan dengan beberapa faktor dalam menentukan perkuliahan mulai dari kesesuaian program studi, pendanaan, dan support orang tua.

Sering kali keraguan untuk kuliah di luar kota muncul. Kita dituntut untuk dapat hidup mandiri. Namun dengan adanya jarak dengan orang tua, tenyata terdapat banyak pelajaran yang dapat kita ambil. mulai dari menguji dan belajar untuk tumbuh, bebas, dan melihat bagaimana hidup tanpa pengaruh orang tua dan keluarga.

Admin akan berbagi beberapa alasan seputar pengalaman mengenai mengapa pilihan untuk meninggalkan rumah adalah yang terbaik.

1. Jarak Membuat Kita Lebih Menyayangi Orang Terdekat

Mungkin kita sudah terbiasa selama bertahun-tahun selalu bersama dengan keluarga. Biasanya membuat kita terlena dan menganggap semuanya sudah biasa. Dengan berada jauh dari mereka, kita akan merasakan kesempatan untuk lebih mengapresiasi hal-hal didekat kita yang begitu spesial salah satunya keluarga.

Pada saat pulang untuk berkunjung, kita akan sangat menghargai kebersaan yang telah diberikan kepada kita. Nantinya kita akan belajar dan mengerti betapa spesialnya orang orang terdekat kita.

2. Budaya Baru

Indonesia kaya akan budaya. Memilih kampus yang diluar zona nyaman sangat lah penting jika kalian ingin membuat cerita dan pengalaman unik baik dengan diri sendiri maupun bertemu orang lain. Sering kali kampus yang menjadi tempat tujuan terdiri dari berbagai macam orang. Itu merupakan subuah sarana yang sangat bagus untuk belajar bersosialisasi dan mengenal budaya lain.


Ditambah lagi dengan tuntutan hidup mandiri, kita akan diharuskan untuk memiliki banyak teman agar dapat melakukan semuanya dengan lebih mudah.

Jika kita memilih kampus dengan ide budaya dan etnis yang sama, kita tidak akan belajar menjadi manusia yang lebih baik. Pilihlah tempat yang dapat memberimu banyak pembelajaran !

3. Kemampuan Untuk Berpergian

Kalian akan tumbuh ditempat yang baru, bukan dengan orang yang sama dengan sebelumnya. Kalian akan belajar bagaimana untuk beradaptasi dan bersosial dengan orang-orang baru yang akan membuka wawasan tentang banyak hal, seperti makanan, tradisi dan budaya.


“Dimana Bumi Dipijak, Di situ Langit Dijunjung”, ungkap peribahasa lama. Kemampuan untuk beradaptasi dengan hal baru adalah skill penting yang harus kalian miliki. Nantinya kita akan terbiasa untuk menghormati budaya dan berbagai ketentuanyang berlaku di suatu daerah.

4. Menambah Jaringan

Biasanya diakhir masa perkuliahan, para dosen kalian akan menekankan betapa pentingnya jaringan di dunia professional yang sering kali disebut dengan reference. Sebelum direferesikan, tentunya kalian harus menunjukkan kulitas yang dimiliki.
Dengan pergi jauh dari rumah, kita akan lebih cenderung untuk memiliki lebih banyak jaringan. Karena itu menjadi sebuah tuntutan jika ingin bertahan hidup mandiri. Nantinya kita akan berlatih untuk bertemu dan berteman dekat dengan orang lain. Sehingga nantinya mereka dapat merekomendasikan kita bahwa kita berada didalam jaringannya.

5. Bebas Biaya Kuliah

Sering kali terjadi miskonsepsi bahwa kuliah diluar kota lebih mahal. Mungkin saja benar, tapi tidak selalu. Banyak sekali diluarsana bertebaran beasiswa-beasiswa yang dapat membantu. Biasanya beasiswa tersebut diberikan berdasarkan pencapaian dan track record akademik maupun non-akademik.
Dengan suasana untuk hidup mandiri, biasanya kita terbiasa dan lebih termotivasi untuk melakukan segala hal dengan tidak bergantung kepada orang tua. Dan jadikan itu sebaga motivasi untuk melakukan yang terbaik dalam proses perkuliahan.

Itu tadi beberapa alasan menurut admin untuk memilih kuliah diluar kota. Satu hal yang perlu dipahamai, belajar bukan hanya di kampus dengan formal, namun segala yang ada disekitarnya dapat kita pelajari.

Menurut admin, Hidup itu dimulai dengan keluar dari zona nyaman. Tekan segala batasan dalam diri, rasakan pengalaman baru dengan orang baru, dan belajarlah untuk mandiri.

Image : http://www.freeimages.com/

Leave a Comment