Sail Karimata 2016 Menjadi Perhatian Dunia

14 Negara Bersiap Mengikuti Sail Karimata 2016

Hei apa kabar kalian,  kali ini aku akan berbagi info seputar event besar bertaraf internasional yang sebentar lagi akan digelar di Indonesia yaitu Sail Karimata 2016. Sail Karimata adalah event tahunan yang diselenggarakan di Selat Karimata.

Event besar ini merupakan program dari Kemenperin dalam rangka mempromosikan potensi sumberdaya kelautan yang tedapat di daerah sekitar Selat Karimata.
Mungkin udah sering denger tentang kampanyenya Pak Presiden Jokowi tentang kekayaan sumber daya laut kita, kegiatan akbar ini merupakan salah satu perwujudan dari komitmen pemerintah untuk mempercepat pembangunan di daerah dan menjadikan laut sebagai ujung tombak perekonomian Indonesia.

Dalam kegiatan ini Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Bangka Belitung, dan Provinsi Jambi berkolaborasi. Kegiatan yang telah diadakan dari tahun 2009 ini akan dimulai pada tanggal 25 Agustus – 28 Oktober 2016.

Acara puncak akan diadakan pada tanggal 15 Oktober 2016 di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Bagi kalian pecinta travelling dan keindahan, tidak ada salah nya untuk datang ke event internasional ini. Untuk kalian yang bertanya – tanya tentang apa sih kegiatan dalam event ini, admin akan berbagi seputar kegiatan dan hal hal menarik yang kalian bisa temukan di Sail Karimata 2016.

1. Parade Kapal Perang dan Kapal Layar dari 14 Negara

Pada Sail Karimata yang ke-9 ini, 14 Negara telah mempersiapkan 39 unit kapal Yachter untuk berlayar ke Kabupaten Kayong Utara pada 11 oktober 2016 mendatang. Para kapal layar dari berbagai negara ini akan berlayar dari Australia ke Indonesia mulai dari tanggal 26 Juli 2016. Beberapa negara yang ikut ialah Australia, USA, France, Mexico, the UK and the Netherlands.


Selain itu, kabarnya kapal yatch tersebut akan berparade bersama dengan kawalan kapal perang. Nantinya kapal tersebut akan berlayar dari satu pulau ke pulau yang lain, yang di setiap pemberhentiannnya akan digelar atraksi budaya bahari yang khas dari tiap daerah.

Udah kebayang kan serunya event ini. Bagi kalian yang ingin melihat atau merasakan secara langsung kerennya kapal yatch dan kapal perang yang selama ini hanya bisa diliat di TV, ini merupakan kesempatan emas bagi kalian para anak muda penonton TV.

Disamping itu, berdasarkan pengalaman admin yg kebetulan tinggal di Kalimantan Barat, para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar akan sangat ramai berdatangan. Terutama untuk menyaksikan acara puncak. Pada Sail Karimata kali ini, acara puncak akan dilaksanakan di Kab Kayong Utara. Jadi bagi kalian yang punya pikiran untuk foto bareng bule, ini kesempatan bagus.

2. Eksotisme Pantai dan Laut

Kepulauan Kalimantan selama ini terkenal dengan keeksotisan hutan tropisnya, disamping itu ternyata di pesisir pulau juga terdapat daerah pantai yang tak kalah indahnya. Salah satu konsep perayaan sail karimata ialah untuk membuka tempat wisata baru, dalam hal ini pesisir pantai maupun tempat menyelam.

Salah satu pulau yang akan dikunjungi dalam event ini ialah Pulau Karimata. Pulau ini memiliki luas sekitar 77 ribu hektare yang berstatus Suaka Alam Laut (SAL) ini mempunyai keindahan bawah laut yang belum banyak dikenal oleh para pehobi kegiatan selam.

Di samping eksotisme taman lautnya, potensi “landscape” kepulauan yang dihuni oleh lebih dari 1.400 jiwa ini pun menawarkan pesona yang tidak kalah menawan. Secara geografis, kepulauan ini berada di selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera.

Gugusannya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu, serta beberapa pulau kecil nan memesona, diantaranya Pulau Kelumpang, Pulau Buluh, Pulau Belian, Pulau Busung, Pulau Segunung, Pulau Genting, Pulau Serungganing dan Pulau Kera.

Pantai Pulau Datok

Selain kepulauan tersebut, di Kab Kayong Utara yang menjadi tempat acara puncak kegiatan juga memiliki pemandangan laut yang sangat indah. Berdasarkan pengalaman admin yang pernah main-main ke Kayong Utara, disana terdapat banyak sekali pantai yang sangat indah nan perawan. Salah satunya adalah Pantai Pulau Datok.

Pantai Pulau Datok merupakan sebuah teluk yang tehalang oleh sebuah pulau. Membuat Pantai ini sangat tenang dari ombak. Pantai ini memiliki pesisir pasir putih bersih yang sangat panjang menbentang. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang bisa dibilang masih pewaran, dalam artian masih bersih dan bebas dari sampah.

3. Gelar Budaya & Kompetisi

Selain daya tarik diatas, para panitia juga menyiapkan berbagai macam kegiatan dalam rangka menyemarakkan event besar ini. Dilangsir dari situs utama Sail Karimata, Pada acara puncak akan diselenggarakan berbagai macam acara yaitu pegelaran Budaya berupa tari-tarian khas bahari, yacht competition, Asian duren competition, kompetisi sambal, Asian textile design competition, dan Kayong boxing competition.
Selain itu, puncak kegiatan Sail Selat Karimata akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Berbagai macam acara seremonial tari taria khas budaya Indonesia telah siapkan. prosesi tersebut melibatkan kurang lebih 500 siswa, yang dipimpin oleh koreografer-koreografer kenamaan di Indonesia

Itulah beberapa kegiatan yang akan memeriahkan event Internasional Sail Karimata 2016. Pada dasarnya acara ini merupakan acara yang sangat bagus untuk mempercepat perekonomian dan pembangunan daerah teringgal, kita sebagai warga Indonesia sudah sewajarnya turut membantu dan berbangga untuk turut mepromosikan acara ini.

Dengan turut mempromosikan, berati kita turut serta dalam kesuksesan acara ini. Ayo kita gemakan Sail Karimata 2016!

Source : Sail Karimata Official Website

Leave a Comment